Minggu, 03 Januari 2016

Catatan Seorang Petani untuk Pisang Berbuah 2 Kali

Pantang pisang berbuah 2x

Setelah saya perlihatkan lima gambar dari berita yang banyak bersedar di pesbuk tentang perlakuan agar pisang berbuah dua kali, yang sumber awalnya dari SINI. Berikut tanggapan salah satu ketua kelompoktani yang saya sempat temui. Beliau sudah puluhan tahun malang melintang di dunia perpisangan, hehehe,,,,

  1. Pada dasarnya, teknik ini kurang meyakinkan mengingat selain gambar tidak ada informasi yang jelas tentang bagaimana teknik ini dilakukan.
  2. Sayang sekali dari keempat gambar tersebut tidak menampilkan bagian atas, tepatnya pada tangkai bekas buah untuk membuktikan bahwa pisang tersebut benar-benar pernah berbuah.
  3. Selain itu juga, tidak memperlihatkan bagian daun, dimana pisang yang telah diambil buahnya, daun akan menjadi hijau tua kemudian mengering. Lagilagi ini untuk membuktikan kalau pisang tersebut telah berbuah.
  4. Pohon pisang yang telah berbuah, pada bagian ares/hati/inti (bagian tengah batang semu) akan mengeras dan kemudian membusuk, sehingga tidak memungkinkan lagi mengeluarkan tangkai untuk buah yang baru.
  5. Patut diduga, teknik ini kemungkinan bertujuan untuk mempercepat pembuahan atau membuat buah lebih rendah sehingga memudahkan dalam perawatan.
  6. Kalaupun benar teknik ini dapat membuat pisang berbuah dua kali, maka kemungkinan buah yang dihasilkan berukuran kecil, jumlah sisirnya sedikit, kualitasnya rendah dan rentang terserang hama penyakit.

Demikian, mungkin benar kata pepatah “Pantang pisang berbuah dua kali”.

@Pinrang, 04012016

0 komentar:

Posting Komentar