Selasa, 27 Agustus 2013

Interupsi untuk Admin pnpm.com, Merujuklah ke Sumber Asli



1377643921140825621
http://green-pnpm.com/

Sepekan yang lalu, seorang petani di desa tempat saya bertugas kini, menyampaikan ihwal ketertarikannya akan biogas. Sudah cukup lama saya tak merakit biogas, untuk merefresh sekalian nambah ilmu, saya menjelajah ke dumay. Akhirnya tiba di web milik program nasional pemberdayaan masyarakat (pnpm) kanal green dan menemukan artikel berjudul Proses Pembuatan Biogas Ramah Lingkungan dari Eceng Gondok. Membaca, mengamati rentetan gambar, koq terasa tak asing. Diujung artikel, sumbernya tertulis kaskus. Lho koq???


Bukabuka arsip postingan lama di kompasiana, benar saja, artikel itu merupakan gabungan dari dua postingan saya yang pernah menjadi headlines di masanya. Konversi Gas Elpiji ke Gas Bio dan [Go Green] Eceng Gondok Itu Sumber Gas. Saya tentu bersenang hati, karena niat awalnya untuk berbagi dan memberi manfaat ke sesama. Saran saya untuk pengelola web, jika ingin mengutip atau menggunakan gambar, telusurilah terlebih dahulu sampai dapat sumber aslinya, dan akan lebih baik jika izin dulu ke yang punya.

Pinrang, 27082013
Wassalam, IRSYAM SYAM
.

2 komentar:

Mawardi A. ASJA mengatakan...

sepakat itu dinda, tapi juga ada kemungkinan salin menyalinmi artikelta. Tapi seyogyanya situs yang bernaung dibawah pemerintah seperti http://green-pnpm.com/ lebih teliti dalam mengutip untuk artikelnya. Sangat disayangkan kalau lembaga yang bertujuan membangun ke"mandiri"an melakukan perujukan yang salah, bahkan terkesan tidak mandiri. huff

IRSYAM SYAM mengatakan...

@Mawardi A. ASJA
Yah, bisa jadi kanda sudah beberapa kalimi dicopas... Semoga yang mau mengutif lain kali bisa menelusuri dulu sumber aslinya.

Posting Komentar