Jumat, 19 Oktober 2012

Pantun Hidayat Nur Wahid, Kok Mirip Pantun Jusuf Kalla

ilustrasi, kompas

Pada debat calon gubernur DKI Jakarta di Hotel Gran Melia, Jakarta, Minggu (24/6/2012) lalu, terlihat ada yang beda dari calon gubernur yang diusung Partai Keadilan Sejahtera,Hidayat Nur Wahid (HNW). Ketika memberi closing statment, HNW membacakan pantun. Bunyinya begini “Ikan Sepat Ikan Gabus, Nomor Empat Lebih Bagus”.


Maksudnya cukupnya terang, nomor empat menunjukkan nomor urutpasangan cagub-cawagub HNW-Didiksesuai pengundian oleh KPUD di Hotel Sultan sebulan sebelumnya. Sedangkan lebih bagus, tentunya untuk menunjukkan mereka lebih bagus dibanding pasangan cagub-cawagub yang lain, sehingga layak dipilih pada hari pencoblosan ini.

Mendengar HNW menyebutkan itu, saya dibawa bernostalgia ke tahun 2009 lalu, ketika masamasa kampanye Calon Presiden RI. Dalam acara kampanye damai yang digelar KPU di Hotel Bidakara, Capres Jusuf Kalla (JK) juga membacakan pantun “Bunga Seikat Hati Tertarik, Lebih Cepat Lebih Baik”. Lebih Cepat Lebih Baik adalah tag line resmi yang digunakan oleh Capres Cawapres JK-Wiranto pada saat itu.

Adalah Indra Jaya Piliang (IJP), anggota Tim kampanye Nasional JK-Wiranto, menuliskan dengan baik ihwal di balik pantun itu. Dalam memoarnya yang berjudul “Mengalir Meniti Ombak” IJP mengisahkan, sebelum JK naik panggung, dirinya sempat meminta agar JK membacakan pantun “Ikan Sepat Ikan Gabus, Lebih Cepat Lebih Bagus”. Namun JK menolak, karena tidak ada kata lebih baik-nya. JK lalu membacakan pantun ciptaannya sendiri.

Menurut IJP, pantun itu merupakan kiriman temannya bernama Viryana asal Pontianak. Terkait kesamaan dua larik awal “ikan sepat ikan gabus…” dengan pantun yang dibacakan HNW, mungkin sebuah kebetulan, entahlah. Belakangan, pantun tersebut diubah redaksinya (dibalik) menjadi "ikan gabus, ikan sepat, paling bagus nomer...." sebagaimana status FB mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring.

Yah… Ikan Sepat Ikan Gabus, Kalau Dapat Yuk Direbus. Lho, Ikan kok direbus, hahaha….

@Rumah Kontrakan, 11072012, Sambil menanti hasil quick count
.

1 komentar:

Dya Ry mengatakan...

ehhhm..ehmm..calon bapak nih yee si kakak..

ikan sepat ikan gabus
nulis cepat juga bagus..

*nggak nyambung... :D

Posting Komentar