Jumat, 11 Februari 2011

Makassar Diserbu S.Pt

Add caption

Para Sarjana Peternakan yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) saat ini sedang melaksanakan Kongres Nasional X. Pengurus Cabang ISPI Sulawesi Selatan kali ini bertindak sebagai tuan rumah dan dikomandoi sekretarisnya, Jasmal A. Syamsu sebagai ketua panitia. Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Singgasana Makassar, mengusung tema “Menggalang Profesionalisme Sarjana Peternakan dalam Pembangunan Nasional”. Para peserta merupakan perwakilan dari Pengurus Besar dan Pengurus Cabang ISPI Seluruh Indonesia.

Selain itu juga ada utusan dari dinas peternakan provinsi dan kabupaten/kota, beberapa organisasi peternakan dan kesehatan hewan, forum pimpinan perguruan tinggi peternakan Indonesia dan mahasiswa peternakan. Para sponsor yang terdiri dari perusahan dan industri maupun NGO peternakan. Panitia juga bekerja sama dengan media (media partner) baik cetak maupun on line yang bergerak di bidang peternakan.

Rangkaian awal kegiatan dimulai dengan kampanye gizi, bekerjasama dengan Ibu-ibu dari tim penggerak PKK Provinsi Sulsel. Dilaksanakan pada hari senin 4 Oktober 2010 bersama murid-murid SD Kera-Kera Tamalanrea. Malam harinya diadakan penerimaan dan ramah tamah para peserta di rumah dinas Ketua DPRD Sulsel. Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sulsel M. Roem mengatakan menyambut baik pelaksanaan kongres yang digelar di Makassar, provinsi memiliki komitmen membangun industri peternakan di kawasan timur Indonesia (baca).

Pada selasa 5 oktober 2010 digelar Seminar Nasional Peternakan dengan tema “Membangun Perbibitan Sapi Potong yang Berdaya Saing dan Berkelanjutan”. Menghadirkan beberapa pembicara yang merupakan perwakilan stakehoder peternakan, yaitu Gunawan mewakili Dirjen Peternakan; Kusuma Diwyanto dari Pusat Penelitian dan Pengembangan peternakan; Perwakilan akademisi Suhubdy dari Fakultas Peternakan UNRAM dan Direktur PT. Buli Teddy Soetiana. Sebagai moderator, Rochadi Tawaf yang merupakan Ketua DPP PPSKI.

Setelah Seminar Nasional kemudian dilanjutkan dengan Kongres Nasional X ISPI. Kongres secara resmi dibuka oleh Bapak Gubernur Syahrul Yasin Limpo yang ditandai dengan menabuh gendang. Gubernur berharap akan ada rekomendasi yang dihasilkan dari kongres kali ini, yang nantinya menjadi input buat pemerintah baik daerah maupun pusat. Apa lagi mengingat Sulawesi Selatan sedang berjuang mencapai target populasi sejuta ekor sapi pada tahun 2013.

Kegiatan kongres ini direncanakan berlangsung selama dua hari. Di tempat yang sama, para istri Sarjana Peternakan juga menyelenggarakan Kongres VI. Mereka tergabung dalam Ikatan Istri Sarjana Peternakan Indonesia (IISPI). Sebagai penutup dari rangkaian Kongres X ISPI, akan dilaksanakan kunjungan lapangan ke Bila River Ranch Kabupaten Sidenreng Rappang pada tanggal 7 oktober 2010. Bila River Ranch merupakan salah satu peternakan sapi potong terbesar di Indonesia yang dikelola oleh PT. Buli.
.
@Lokasi Kongres, 05 Oktober 2010
.

0 komentar:

Posting Komentar